Kamis, 15 Desember 2011

AKHLAKUL MAHMUDAH

CUKUP DENGAN PERKATAN YANG BAIK
Agar QT di sukai hati orang lain, hendaknya Qt membatasi diri dg perkataan yg baik-baik sj. Banyak bicara dpt menghilangkan kewibawaan dan kesahajaan, memunculkan banyak kesalahan, dan memperoanjang wkt perhitungan.....
Yaaah, klw Qt banyak bicara, membuat orang lain jemu dg Qt + menghindari Qt. Sebab, mayoritas g’ suka org yg banyak bicara..
Sebagaimana  Allah SWT. berfirman dlm surah An-nisa’ ayat 114, yg artinya:
Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali  bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma’ruf,  atau mengadakan perdamaian diantara manusia. dan barang siapa yang berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah, maka kelak kami memeberi kepadanya pahala yng besar.
Rasulullah SAW. jg telah menghimbau hal itu, di dlm kitab Shahih Bukhari-Muslim, dr riwayat Abu Hurairah r.a. ia berkata, bhw Rasulullah SAW. bersabda: “Barang siapa yang beriman pada Allah da Hari Kemudian, maka hendaknya ia berkata yang baik, atau jika (tidak) hendaknya ia diam.”
                Maka, hendaknya Qt mengurangi pembicaraan, selama pembicaraan pilihlah kata-kata yg bermanfaat, dan tinggalkan ungkapan padat & mendetail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar