Rabu, 14 Desember 2011

RPP STATISTIKA SMP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah           : MTs. Mu’allimin Univa  Medan
Mata Pelajaran           : Matematika
Kelas/ Semester         : IX/ Ganjil
Materi Pokok             : Statistika
Alokasi Waktu          :  menit

Standar Kompetensi             :  Melakukan pengolahan dan penyajian data.
Kompetensi Dasar                : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
Indikator                                :
ü  Mendefinisikan sampel dan populasi.
ü  Menentukan  rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
Tujuan Pembelajaran           :
ü  Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan dari istilah populasi dengan sampel.
ü  Siswa mampu menjelaskan perbedaan istilah Data, Datum, dan Frekuensi.
ü  Siswa mampu mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus/ tally.
ü  Siswa mampu menetukan median dan modus dari data yang disajikan.
ü  Siswa mampu menentukan mean dengan memodifikasi rumus.

Materi Pembelajaran            :
STATISTIKA
A.      Pengumpulan dan Penyajian Data
ü  Pengertian Datum dan Data
ü  Pengertian Statistika, Populasi, dan Sampel
ü  Jenis Data dan Pengumpulan Data
B.       Ukuran Pemusatan
ü  Mean (Rataan)
ü  Median ( Nilai Tengah)
ü  Modus
Model Pembelajaran             : Reciprocal Teaching
Metode Pembelajaran           : Diskusi dan tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan ke-1

KEGIATAN BELAJAR
WAKTU
Pendahuluan:
ü  Guru memberikan motivasi pada siswa
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru menyampaikan  model pembelajaran yang akan digunakan.
ü  Guru mengajak siswa mengingat sekilas tentang materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
15 menit
Inti:
ü  Guru membentuk kelompok-kelompok menjadi 3 bagian. Kelompok dibuat heterogen tingkat kepandaiannya dengan memperhatikan keharmonisan kerja kelompok dan memilih satu siswa sebagai Ketua Kelompok.
Kelompok I     : Mean
Kelompok II    : Median
Kelompom III : Modus
ü  Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk membaca teks dan menyelesaikan soal yang telah ditetapkan.
ü  Setelah siswa selesai membaca, siswa dituntun untuk melakukan pemodelan berikut:
§   Pertanyaan yang saya perkirakan akan ditanyakan guru adalah ..........
§   Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, siswa membuat rangkuman dari informasi yang telah dibaca. Apabila perlu, mereka boleh mengacu pada teks bacaan. Saya akan merangkum informasi penting di dalam bacaan sebagai berikut..........
§   Ketika saya membaca bahan bacaan ini saya menemukan hal-hal yang kurang jelas, yaitu sebagai berikut..........
§   Untuk mengklarifikasi hal-hal tersebut saya mencari dari bahan bacaan lain, atau bertanya kepada narasumber lain sebagai berikut..........
§   Kemudian siswa memprediksi (mengimajinasikan kemungkinan yang akan terjadi berdasar atas gabungan informasi yang sudah dimiliki).
ü  Guru memberikan bantuan kepada siswa secara individu bagi anggota kelompok yang membutuhkan bantuan.
ü  Guru meminta perwakilan dari kelompok I dan kelompok II secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Kelompok I untuk membahas Mean, dan kelompok II untuk membahas Median.
ü  Guru mendorong kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok yang dipresentasikan di depan.
ü  Guru memberikan bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam mepresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
50 menit
Penutup:
ü  Guru memberi penguatan berupa pujian bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
ü  Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman secara singkat.
ü  Guru memberi PR pada siswa.

15 menit

Pertemuan Ke-II

KEGIATAN BELAJAR
WAKTU
Pendahuluan:
ü  Guru memberikan motivasi pada siswa
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü  Guru dan siswa bersama-sama membahas PR.
15 menit
Inti:
ü  Guru meminta kembali perwakilan dari kelompok III secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas untuk membahas Modus.
ü  Guru mendorong kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok yang dipersentasikan di depan.
ü  Guru memberikan bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam mepresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
20 menit
Penutup:
ü  Guru memberi penguatan berupa pujian bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
ü  Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman secara singkat.
ü  Guru memberi Post- Test pada siswa
45 menit

Sumber Belajar:
ü Sumber : Buku Matematika kelas IX  penerbit Erlangga, buku Rangkuman Matematika SMP penerbit GagasMedia, dan Buku Matematika kelas IX penerbit Grafindo.
Penilaian                    : tes tertulis
Contoh Instrumen     :
1.        Jelaskan perbedaan dari Data, Datum, dan  Frekuensi!
2.        Jika berat badan rata-rata dari tabel berikut 47 kg, tentukan nilai !

Nilai
44
45
46
47
48
49
50
Frekuensi
4
3
6
6
2
4

Jawaban:
1.       Data adalah kumpulan keterangan atau informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, Datum adalah satuan dalam data, Dan Frekuensi adalah menunjukkan banyak data .
2.      Berdasarkan tabel tersebut, maka nilai  adalah:
     

                                                                         Stabat, 14 Desember 2010
Mengetahui,                                                                      
Kpl. MTs. 'Ibadurrahman                                Guru           
(R A J U)                                                         (Ratih Siregar S.Pd.I)
NIP.                                                                  NIP.             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar