RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MTs. Mu’allimin Univa Medan
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : IX/ Ganjil
Materi Pokok : Statistika
Alokasi Waktu : menit
Standar Kompetensi : Melakukan pengolahan dan penyajian data.
Kompetensi Dasar : Menentukan rata-rata, median, dan modus data tunggal serta penafsirannya.
Indikator :
ü Mendefinisikan sampel dan populasi.
ü Menentukan rata-rata, median, modus data tunggal serta penafsirannya.
Tujuan Pembelajaran :
ü Siswa mampu mengidentifikasi perbedaan dari istilah populasi dengan sampel.
ü Siswa mampu menjelaskan perbedaan istilah Data, Datum, dan Frekuensi.
ü Siswa mampu mengumpulkan data dengan mencacah, mengukur, dan mencatat data dengan turus/ tally.
ü Siswa mampu menetukan median dan modus dari data yang disajikan.
ü Siswa mampu menentukan mean dengan memodifikasi rumus.
Materi Pembelajaran :
STATISTIKA
A. Pengumpulan dan Penyajian Data
ü Pengertian Datum dan Data
ü Pengertian Statistika, Populasi, dan Sampel
ü Jenis Data dan Pengumpulan Data
B. Ukuran Pemusatan
ü Mean (Rataan)
ü Median ( Nilai Tengah)
ü Modus
Model Pembelajaran : Reciprocal Teaching
Metode Pembelajaran : Diskusi dan tanya jawab
Langkah-langkah Kegiatan :
Pertemuan ke-1
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU
|
Pendahuluan:
ü Guru memberikan motivasi pada siswa
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü Guru menyampaikan model pembelajaran yang akan digunakan.
ü Guru mengajak siswa mengingat sekilas tentang materi yang berhubungan dengan materi yang akan dipelajari.
|
15 menit
|
Inti:
ü Guru membentuk kelompok-kelompok menjadi 3 bagian. Kelompok dibuat heterogen tingkat kepandaiannya dengan memperhatikan keharmonisan kerja kelompok dan memilih satu siswa sebagai Ketua Kelompok.
Kelompok I : Mean
Kelompok II : Median
Kelompom III : Modus
ü Guru memberikan tugas kepada masing-masing kelompok untuk membaca teks dan menyelesaikan soal yang telah ditetapkan.
ü Setelah siswa selesai membaca, siswa dituntun untuk melakukan pemodelan berikut:
§ Pertanyaan yang saya perkirakan akan ditanyakan guru adalah ..........
§ Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, siswa membuat rangkuman dari informasi yang telah dibaca. Apabila perlu, mereka boleh mengacu pada teks bacaan. Saya akan merangkum informasi penting di dalam bacaan sebagai berikut..........
§ Ketika saya membaca bahan bacaan ini saya menemukan hal-hal yang kurang jelas, yaitu sebagai berikut..........
§ Untuk mengklarifikasi hal-hal tersebut saya mencari dari bahan bacaan lain, atau bertanya kepada narasumber lain sebagai berikut..........
§ Kemudian siswa memprediksi (mengimajinasikan kemungkinan yang akan terjadi berdasar atas gabungan informasi yang sudah dimiliki).
ü Guru memberikan bantuan kepada siswa secara individu bagi anggota kelompok yang membutuhkan bantuan.
ü Guru meminta perwakilan dari kelompok I dan kelompok II secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas. Kelompok I untuk membahas Mean, dan kelompok II untuk membahas Median.
ü Guru mendorong kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok yang dipresentasikan di depan.
ü Guru memberikan bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam mepresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
|
50 menit
|
Penutup:
ü Guru memberi penguatan berupa pujian bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
ü Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman secara singkat.
ü Guru memberi PR pada siswa.
|
15 menit
|
Pertemuan Ke-II
KEGIATAN BELAJAR
|
WAKTU
|
Pendahuluan:
ü Guru memberikan motivasi pada siswa
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
ü Guru dan siswa bersama-sama membahas PR.
|
15 menit
|
Inti:
ü Guru meminta kembali perwakilan dari kelompok III secara acak untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas untuk membahas Modus.
ü Guru mendorong kelompok lain untuk menanggapi hasil kelompok yang dipersentasikan di depan.
ü Guru memberikan bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam mepresentasikan hasil diskusi kelompoknya.
|
20 menit
|
Penutup:
ü Guru memberi penguatan berupa pujian bagi siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
ü Guru membimbing siswa untuk membuat rangkuman secara singkat.
ü Guru memberi Post- Test pada siswa
|
45 menit
|
Sumber Belajar:
ü Sumber : Buku Matematika kelas IX penerbit Erlangga, buku Rangkuman Matematika SMP penerbit GagasMedia, dan Buku Matematika kelas IX penerbit Grafindo.
Penilaian : tes tertulis
Contoh Instrumen :
1. Jelaskan perbedaan dari Data, Datum, dan Frekuensi!
2. Jika berat badan rata-rata dari tabel berikut 47 kg, tentukan nilai !
Nilai
|
44
|
45
|
46
|
47
|
48
|
49
|
50
|
Frekuensi
|
4
|
3
|
6
|
6
|
2
|
4
|
Jawaban:
1. Data adalah kumpulan keterangan atau informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, Datum adalah satuan dalam data, Dan Frekuensi adalah menunjukkan banyak data .
2. Berdasarkan tabel tersebut, maka nilai adalah:
Stabat, 14 Desember 2010
Mengetahui,
Kpl. MTs. 'Ibadurrahman Guru
(R A J U) (Ratih Siregar S.Pd.I)
NIP. NIP.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar